Rabu, 04 Juli 2012

Fakta Menarik Telur Puyuh

elur menjadi sebuah sumber protein yang besar bagi keseharian, malah untuk meningkatkan aktivitas pada pagi hari, disarankan untuk menyantap telur sebagai menu sarapan. Mungkin Telur Ayam ataupun Telur Bebek sudah menjadi pilihan favoritnya namun tidak banyak orang mengetahui kalau ternyata telur kecil bercorak hitam yang dipanggil Telur Puyuh juga memiliki khasiat yang besar bagi tubuh. Apalagi di Indonesia mudah sekali menjumpai telur yang berasal dari burung puyuh ini, harganya pun tidak terlalu mahal. Berikut ini OpenRice akan berikan fakta-fakta menarik bila mengkonsumsi telur puyuh.

1.Telur puyuh adalah sumber protein terbaik karena dalam 100 gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein, lebih besar dibandinkan protein yang terdapat telur ayam yang hanya 11,5 gram protein.
2.Kandungan globuin pada telur puyuh lebih rendah dibanding telur ayam, sehingga bila dikonsumsi oleh orang yang menderita alegi tidak akan bermasalah, bahkan dapat menyembuhkannya
3.Selain protein juga terdapat nutrisi otak, lemak, vitamin, dan mineral.
4.Kandungan kolin di dalam telur puyuh dapat membantu dalam perkembangan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf, hingga memperkuat daya ingat anak.
5.Kandungan kolin di telur puyuh mencapai 263,4 mg, lebih tinggi daripada telur ayam
6.Untuk ibu hamil disarankan memperbanyak asupan kolin, hal ini untuk mendukung perkembangan otak janin, selain itu dapat menghindarkan kemungkinan bayi terlahir cacat atau keguguran.
7.Bagi OpenRicers yang aktif pada usia produksi juga wajib mengkonsumsi kolin, untuk mempertahankan fungsi otak agar tetap bugar, selain itu juga kolin dalam burung puyuh dapat memperbaiki memori otak yang menua.
8.Di dalam kuning telur mengandung senyawa lutein dan zeaksantin yang berfungsi untuk retina mata, khususnya bagi anak-anak yang sering menonton tv, jadi dapat melindungi mata.
9.Bagi anak-anak, telur puyuh sangat baik untuk perkembangan daya ingat dan perkembangan otak
10.Mengandung zat antikanker dan mengandung lutein yang memperlambat proses penuaan hingga 40% sehingga tubuh terlihat lebih awet muda.

Kesepuluh fungsi tersebut hanyalah sebagian dari kegunaan dari telur puyuh. Bila ditarik garis besarnya, telur puyuh sangat baik untuk pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak, jadi sangat baik bila dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil maupun menyusui. Kandungan manfaatnya yang besar menjadikan telur ini bisa menjadi alternatif menu yang perlu disisipkan pada makanan setiap harinya. Ada lagi satu hal yang paling menguntungkan di telur puyuh, dengan harganya yang murah di Indonesia, OpenRicers bisa mendapatkan segudang manfaatnya itu dengan harga yang murah, jadi mau dong hidup sehat dengan telur puyuh...http://id.openrice.com/surabaya/restaurant/article/detail.htm?article_id=1043

Tidak ada komentar:

Posting Komentar